Kenalkah Anda dengan pemuda asal Jatinangor ini? Sugiri Jafar Lahir dan tumbuh besar di kawasan pendidikan Jatinangor, Sumedang adalah anak ke 8 dari 9 bersaudara dari H. Jafar Sidiq (alm) dan Hj. Ade Aisyah. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati , Bandung ini  pernah mengajar di salah satu SMA  di Jatinangor.  Sekarang memposisikan diri sebagai designer pakaian pria dan merintis usaha fashion/kemeja koko dengan merk  Salmani  “Spirit Gaya” yang produknya kita kenakan di  foto  untuk album kompilasi Islamictunes volume 1 .

Hobi menyanyi dari masa kecil, terinspirasi dari musisi nasyid Raihan.  Cita-cita masa kecil yang sempat dikubur sampai usia remaja, kini mulai diwujudkan. Semangat bernasyid tambah muncul karena seringnya mendampingi tim Nasyid Ashmah. 

Perjalanan nasyidnya mulai tampak ketika mendapatkan tawaran membuat mini album untuk  soundtrack buku penebit Adi Bintang ,Jakarta. Mulai dari arransemen lagu Khilafah hingga akhirnya  di tahun 2016  single lagu Udah Putusin Aja dan Khilafah (Bersatulah Muslim Sedunia ) dirilis.

Lagu Udah Putusin Aja adalah karya adaptasi dari buku remaja fenomenal  dan mega best seller dengan judul yang sama “Udah Putusin Aja !” karya Felix Y Siauw. Single yang pertama diputar onair di MuslimTalkRadio ini cukup mendapatkan simpati positif dari khalayak dan sempat menjadi juara di chart Islamictunes.   

Single kedua yang berjudul Khilafah Remake (Bersatulah Muslim Sedunia)  karya kang Jahar dan pernah populer beberapa tahun lalu. Kini lagu tersebut  di aransemen ulang oleh Fadlly Sutiyarahman, musisi muda (20) asal Bandung dan disajikan dengan formasi duet dengan Lutfi  Gunawan sang vocalis band Noindrei asal Jakarta.

Lagu Khilafah Remake (Bersatulah Muslim Sedunia) ini dapat dinikmati di album kompilasi Islamictunes volume 1 yang didalamnya terdapat artis religi  dari tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand. Album yang diprediksi banyak pihak akan menggebrak  dan fenomenal di belantika musik nasyid se-Asia Tenggara. (mt-r)