Jakarta (MuslimTalk News) – Lembaga Kemanusiaan PKPU menggandeng Tokopedia untuk ibadah kurban. PKPU berharap dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat baik dalam menghimpun donasi kurban, maupun dalam mendistribusikan hewan kurban ke para penerima manfaat. Untuk memudahkan para pekurban dalam menyalurkan donasinya, PKPU bekerjasama dengan Tokopedia sebagai salah satu mall online terbesar di Indonesia.

“Kami sangat bersyukur atas kerja sama dengan Tokopedia, hal ini memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk ikut berqurban secara mudah. Sekaligus memperluas manfaat yang akan diterima oleh penerima manfaat yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia dan berbagai belahan dunia yang lain,” ujar Presiden DIrektur PKPU Agung Notowiguno.

Kerja sama ini diharapkan bisa menjadikan distribusi dading kurban menjadi lebih merata. Sebab, selama ini sebagian besar hewan kurban di Indonesia masih dibagikan di masyarakat perkotaan, yaitu di sekitar tempat tinggal pequrban yang sebenarnya jumlah dagingnya berlebihan apabila dibandingkan dengan yang membutuhkan (over stock).

Penyaluran hewan kurban juga hanya fokus di sekitar masjid-masjid dan sekitar lokasi pemotongan. Belum banyak yang menyentuh masyarakat korban bencana dan daerah miskin di seluruh wilayah Indonesia terutama daerah pelosok dan minoritas muslim.

Selama Idul Adha sampai hari tasyrik ini, PKPU telah menyalurkan donasi kurban ke seluruh pelosok negeri, yaitu daerah-daerah rawan gizi, rawan bencana, pedalaman, minoritas dan komunitas yang tergolong masyarakat miskin baik didalam maupun diluar negeri, misalnya pedalaman Papua, NTT, NTB, Maluku dan Aceh serta Somalia, Suriah, Myanmar, dan Palestina. (pkpu/mt-r)