JAKARTA (MuslimTalk) – “Gampangkan Menjadi Penyiar ?” Tanya salah seorang trainer, Winarno kepada seluruh peserta pelatihan. Dengan semangat seluruh peserta berteriak, ‘Gampang’. Suasana keceriaan dan semangat itulah yang hadir di tengah pelaksanaan Pelatihan Penyiaran dan Jurnalistik Radio yang diselenggarakan Divisi Dakwah Lembaga Kemanusiaan Nasional (PKPU). Pelatihan yang berlangsung selama dua hari, tanggal 25-26 Maret 2015 ini diikuti sebanyak 25 peserta yang merupakan perwakilan karyawan yang terpilih di masing-masing divisi PKPU.

Salah seorang peserta ketika ditanya tentang perasaannya mengikuti acara ini mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan menikmati pelatihan yang diadakan kantornya ini. Ia merasa ini pelatihan yang sangat fun dan berbobot. Trainernya adalah mereka-mereka yang kompeten di bidangnya. Berbagai pengalaman menarik trainer diceritakan dengan semangat kepada peserta.

Mulai dari menjadi penyiar tanpa persiapan, kecapean ketika siaran hingga sampai tertidur ketika on air dan sebagainya. Dan juga dibagi langkah sukses menjadi penyiar, seperti kita harus temukan suara terbaik kita, punya wawasan yang luas, dan yang penting juga harus PD (percaya diri).

Tidak hanya materi tapi juga kita diajak untuk langsung mempraktekan saat itu juga untuk menjadi penyiar. Selama dua hari pelatihan, para peserta mendapatkan materi-materi terkait manajemen siaran, praktek siaran, announcing skills, cara penulisan online dan juga menjadi reporter radio.

Cecep Y Pramana selaku Ketua Panitia Pelatihan menyampaikan tujuan pelatihan ini adalah dalam rangka pembekalan kepada karyawan PKPU untuk siap menjadi bagian dalam kegiatan radio PKPU di berbagai posisi, baik penyiar, reporter maupun redaktur. Semoga pelatihan ini berjalan sukses dan setelah pelatihan ini para peserta dapat langsung aktif mempraktekan ilmu-ilmu yang sudah didapatkannya. (PKPU/RIZKI RFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.