DEPOK (MuslimTalk) – Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bekerjasama dengan Radio Elnury 918 AM menggelar pelatihan jurnalistik radio di Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Rabu (25/3/2015) hingga Kamis (26/3/2015).

Pelatihan ini diikuti oleh 30 karyawan perwakilan dari setiap divisi yang ada di PKPU. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk memberikan soft skill kepada peserta mengenai teknik penyampaian berita di radio dan pengemasan berita kemanusiaan sehingga menjadi menarik dan menginspirasi banyak orang.

Hari pertama, materi yang diberikan berupa gambaran umum mengenai radio dan managemen siaran yang disampaikan oleh Station Manajer Radio Elnury, Ahmad Winarno. Berikutnya, masuk kedalam teknik-teknik penulisan berita cetak maupun online yang disampaikan dengan persuasif dan menarik oleh Redaktur Harian Republika Hafidz Muftisany. Lalu materi terakhir berjudul menulis untuk telinga disampaikan dengan lugas oleh Hafidz Muftisany dan CEO Aliansi Radio Islam Indonesia Dea Qothrunada.

Peserta dengan latar pendidikan yang beragam ini mengikuti dengan antusias materi yang diberikan karena merupakan hal baru bagi mereka. Keaktifan peserta semakin terlihat saat sesi terakhir, dimana peserta diwajibkan untuk menuliskan naskah reportase dan simulasi penyampaian berita sebagai reporter atau penyiar.

“Pelatihan jurnalistik ini sangat menarik dan bermanfaat untuk menunjang tugas saya dalam membuat press release dari setiap kegiatan yang ada di lapangan dan saya mendapatkan motivasi lebih untuk menulis,” ucap salah satu peserta dari divisi kesehatan PKPU.

Pelatihan ini merupakan salah satu tahapan persiapan launching MuslimTalk Radio, yaitu salah satu program dari Divisi Dakwah PKPU. Panitia berharap pelatihan ini akan menghasilkan penyiar-penyiar handal dan kontributor yang kreatif dalam mengemas berita kemanusiaan untuk memajukan MuslimTalk Radio PKPU. (Vina Anggraeni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.