Alhamdulillah, Minggu siang tanggal 11 September 2016, Tim Qurban HASENE-IZI telah mendarat dengan selamat di di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Tim yang terdiri dari Adem Ozdemir dan Nana Sudiana sebelumnya berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 09.40 WIB.

Penerbangan dari Jakarta menuju Manado ditempuh selama 3 jam 20 menit dengan menggunakan Batik Air Line. Begitu mendarat dan keluar dari bandara, cuaca nampak bersahabat. Angin bertiup sepoi-sepoi dan awan putih tipis berarak perlahan.

“Seusai kami shalat di Masjid dekat bandara, tiba-tiba rinai gerimis datang, seakan menyapa dan mengucapkan selamat datang di Kota Manado,” cerita Nana Sudiana, Direktur Pendayagunaan IZI yang ikut menemani Tim Qurban HASENE.

Manado kota yang indah. Kota pantai dengan kontur yang berbukit-bukit dan penuh pepohonan menghijau menjadi penghias kota ini. Beberapa bagian kota bertambah cantik dengan taman-taman yang dibangun memperindah kota.

Cuaca di sini terasa sejuk, tak begitu panas dan tak pula mendung besar. Gerimis tipis yang barusan turun pun entah kenapa menghilang kembali. Langit kembali terang tanpa awan dan kesejukan bertambah mengitari kami sepanjang melewati kota ini, lanjut Nana.
Setelah bertemu dengan tim lokal dan menyampaikan selamat datang, tim kami melanjutkan perjalanan menuju titik pelaksanaan program kurban sebagaimana yang direncanakan. Selanjutnya, tim yang kini ditemani oleh dua orang tim lokal menuju Kotamobago.

“Daerah ini akan kami tempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam. Menurut tim lokal, jarak Kotamobago dari Manado ditempuh sekitar 184 kilometer,” cerita Nana Sudiana.

Mohon doa dari semua, semoga perjalanan hari pertama di Sulawesi Utara ini berjalan lancar dan penuh berkah. Semoga pula diberikan kekuatan, kesehatan dan kemudahan dalam melaksanakan sejumlah rencana yang sebelumnya telah disusun bersama.

Semoga pula niat baik dari saudara-saudara kami di Eropa yaitu HASENE untuk membantu warga kurang mampu di Indonesia lewat bantuan program kurban ini dapat membawa keberkahan dan kebaikan untuk semua. (ns/izi/mt-r)